AMSI Award

Term of Reference (ToR)
AMSI AWARDS 2025

LATAR BELAKANG

AMSI didirikan dengan tujuan besar, memotori dan mewujudkan keberlangsungan media siber di Indonesia dan ekosistemnya agar makin berkualitas kontennya dan sehat bisnisnya.

Sejak 2021, AMSI konsisten menggelar rangkaian program Media Sustainability antara lain pelatihan dan mentoring membangun jurnalisme berkualitas, diversifikasi dan distribusi konten, manajemen dan bisnis yang sehat, inovasi dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi, dan membangun brand yang kuat. Dengan menggandeng donor seperti Internews, Google News Initiative (GNI), BBC Media Action (BBC MA), ABC International Development (ABC ID), The International Fund for Public Interest Media (IFPIM), AMSI telah dan sedang menggelar rangkaian workshop, pelatihan, fellowship kepada media anggotanya di 24 wilayah kepengurusan AMSI, agar menjadi media yg terus bertumbuh dan berkualitas.

Di usianya yang kedelapan, AMSI perlu terus mendorong, menginspirasi, dan sekaligus memberi penghargaan atau apresiasi kepada media siber, yang terus gigih mentransformasi diri dan bertumbuh menjadi media dengan jurnalisme yang berkualitas dan sehat secara bisnis.

Sebagai bagian dari rangkaian dan puncak acara Indonesia Digital Conference (IDC) 2025, AMSI Awards 2025 diadakan untuk memberikan penghargaan kepada media siber yang telah menunjukkan praktik terbaik dan terobosan berkualitas. 


Melalui penghargaan ini, AMSI ingin mendorong transformasi media yang lebih adaptif, berdaulat secara digital, dan berkelanjutan secara bisnis. AMSI Awards 2025 diharapkan menjadi momentum kolektif bagi industri pers untuk tidak hanya bertahan di era disrupsi AI, tetapi memimpin perubahan ke arah yang lebih sehat, inovatif, dan berpihak pada kepentingan publik.


TUJUAN KEGIATAN
Penyelenggaraan AMSI Awards 2025 bertujuan untuk:

  1. Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada peran dan eksistensi media siber anggota AMSI yang sudah berkiprah berjuang mewujudkan jurnalisme berkualitas. 
  2. Memperkuat kolaborasi antar pelaku media, pembuat kebijakan, pelaku bisnis, dan akademisi dalam membangun ekosistem media digital yang berdaulat, sehat, dan berorientasi masa depan.

KATEGORI PENGHARGAAN AMSI AWARDS 2025
Penghargaan diberikan kepada media siber anggota AMSI yang terbagi dalam dua kelompok (skala kecil dan besar), dengan 5 kategori berikut:

  1. Media dengan Inovasi Strategi dan Pertumbuhan Jangkauan Konten Terbaik (Audience Reach)
  2. Media dengan Inovasi Strategi dan Pertumbuhan Engagement Media Sosial Terbaik (Users Engagement)
  3. Media dengan Inovasi Produk dan Teknologi Terbaik (Product and Tech) 
  4. Media dengan Inovasi Kebijakan Keberagaman dan Inklusivitas Terbaik (Diversity and Inclusivity) 
  5. Media dengan Inovasi Komersial dan Pengembangan Revenue Stream Terbaik (Commercial)

KRITERIA PENILAIAN
Untuk memberi pedoman dan petunjuk dasar kepada pendaftar dan dewan juri AMSI Awards 2025, panitia dan juri internal telah menyusun indikator penilaian tiap kategori sebagai berikut:

1. Media dengan Inovasi Strategi dan Pertumbuhan Jangkauan  Konten Terbaik (Audience Reach)
Kategori ini mengapresiasi media yang mampu menjangkau audiens lebih luas melalui inovasi strategi distribusi atau produk konten baru. Fokus utama adalah pada perluasan jangkauan audiens, baik melalui kanal baru, format baru, maupun pendekatan konten yang lebih efektif. Contoh: Newsletter, Podcast, Fitur/Produk Baru lainnya.

  • Kreativitas inovasi (skor 40)
    Sejauh mana strategi atau produk yang dibuat menunjukkan kebaruan, orisinalitas, dan keberanian bereksperimen
  • Persentase pertumbuhan jangkauan di platform dimana inovasi dilakukan (skor 40)
    Persentase kenaikan jumlah audiens, views, atau subscribers di platform tempat inovasi dilakukan, dengan data pendukung 3 bulan sebelum inovasi dan 6 bulan setelah invasi diterapkan
  • Kemudahan inovasi untuk direplikasi (skor 20)
    Jelaskan bagaimana inovasi ini dapat diadopsi dengan mudah

  1. Kategori Media dengan Inovasi Strategi dan Pertumbuhan Engagement Sosial Media Terbaik (Users Engagement)
    Kategori ini berfokus pada keberhasilan media dalam menciptakan interaksi mendalam dengan audiens melalui inovasi konten atau strategi sosial media. Fokusnya ada pada pendekatan, responsivitas, dan partisipasi pengguna. Contoh: Eksperimentasi highlighting wajah jurnalis dalam pembuatan konten
  • Kreativitas inovasi (skor 40)
    Ide atau pendekatan baru dalam mendorong interaksi pengguna yang relevan dan kontekstual
  • Persentase pertumbuhan engagement di platform dimana inovasi dilakukan (skor 40)
    Persentase peningkatan metrik seperti like, comment, share, watch time, dll, dari platform yang digunakan, dengan data pendukung 3 bulan sebelum inovasi dan 6 bulan setelah invasi diterapkan
  • Kemudahan inovasi untuk direplikasi (skor 20)
    Jelaskan bagaimana invovasi ini dapat diadopsi dengan mudah


  1. Kategori Media dengan Inovasi Produk dan Teknologi Terbaik (Product and Tech)

Kategori ini menilai penggunaan teknologi – termasuk AI dan tools digital lainnya atau produk untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, serta membantu efektivitas kerja-kerja perusahaan media. Contoh: Penggunaan AI untuk memastikan artikel tidak typo

  • Kreativitas produk/teknologi (skor 40)
    Inovasi dalam menciptakan produk atau menggunakan teknologi yang relevan dan bagi perusahaan media
  • Dampak terhadap efektivitas kerja (skor 40)
    Penjelasan tentang efisiensi atau kualitas kerja yang meningkat karena penggunaan teknologi tersebut
  • Strategi pengembangan selanjutnya (skor 20)
    Adanya roadmap atau rencana pengembangan produk jangka menengah/panjang

  1. Kategori Media dengan Inovasi Kebijakan Keberagaman dan Inklusivitas Terbaik (Diversity and Inclusivity)
    Kategori ini menyoroti perusahaan media yang menerapkan kebijakan atau peraturan internal untuk menjamin lingkungan kerja yang aman, adil, dan setara, serta menunjukan keberagaman dan inklusivitas. Contoh: adanya policy kekerasan berbasis gender (KBGO), inklusi disabilitas

    - Inovasi SOP/policy terkait inklusivitas (skor 40)
    Penjelasan tentang dokumen atau kebijakan yang dibuat sebagai terobosan inklusi
    - Penjelasan implementasi kebijakan dan dampaknya (skor 40)
    Penjelasan penerapan di lapangan serta dampaknya terhadap lingkungan kerja
    - Rencana pengembangan selanjutnya (skor 20)
    Sebutkan langkah lanjutan yang disiapkan untuk memperluas atau memperkuat kebijakan inklusivitas di perusahaan media

    5. Kategori Media dengan Inovasi Komersial dan Pengembangan Revenue Stream Terbaik (Commercial)
    Kategori ini bertujuan untuk mengapresiasi media yang berhasil mengembangkan aliran pendapatan baru dengan melibatkan audiens atau pihak ketiga secara strategis. Fokus pada keberlanjutan bisnis dan kreativitas monetisasi. Contoh: Kolaborasi komunitas dan membership

    - Kreativitas inovasi (skor 40)
    Ide pengembangan bisnis atau kolaborasi dari perusahaan media
    - Persentase pertumbuhan revenue stream dari inovasi yang dilakukan (skor 40)
    Persentase peningkatan pendapatan yang dihasilkan, dengan data pendukung 3 bulan sebelum inovasi dan 6 bulan setelah invasi diterapkan
    -  Strategi keberlanjutan program (skor 20)
    Sebutkan langkah untuk memastikan pendapatan tersebut bisa berkelanjutan dalam jangka panjang.

PESERTA DAN MEKANISME PENDAFTARAN
- Peserta adalah media siber anggota AMSI (media kecil < 50 pekerja, media besar > 50 pekerja)
- Setiap media dapat mengirimkan maksimal tiga entri dalam kategori berbeda
- Pendaftaran dilakukan secara online melalui Google Form berikut
- Tiap entri wajib menyertakan:
1. Deck presentasi per slide per indikator penilaian (3 slide)
2. Bukti capaian (data, tangkapan layar, tautan, laporan, dll)


TIM PENILAI DAN TAHAPAN SELEKSI

  • Penjurian akan dilakukan oleh panel independen yang terdiri dari praktisi media, akademisi, dan ahli teknologi
  • Para juri menandatangani pakta integritas yang menjamin sikap profesional, objektivitas, dan bebas dari kepentingan pribadi maupun pertemanan, atas apa yang dikerjakan selama seleksi awal Awards ini. 
  • Bilamana dalam seleksi dijumpai ada media milik/tempat Juri bekerja masuk dalam seleksi, maka Juri tersebut tidak ikut menilai/absen dari penilaian maupun voting/pengambilan suara. Seluruh penilaian dan pengambilan voting disaksikan tim Sekretariat dan Panitia AMSI Awards 2025.
  • Seleksi dilakukan dalam dua tahap: shortlist oleh Juri Internal dan penjurian utama oleh Juri Eksternal

 Juri Internal:

  1. Citra Dyah Prastuti (KBR Media)
  2. Prodita Sabarini (The Conversation Indonesia)
  3. Wahyu Dhyatmika ( Ketua Umum AMSI, Tempo)
  4. Wenseslaus Manggut (Kapanlagi Youniverse)
  5. Maryadie (Kabar Bursa)

Juri Eksternal:
1. Okki Rushartomo (PT Bank Negara Indonesia Tbk)
2. Ika Idris (Monash University)
3. Windy Riswantyo (PT Astra International Tbk)
4. Stanley Adi Prasetyo (Tokoh Pers)
5. Komaruddin Hidayat (Ketua Dewan Pers)

TIMELINE PENJURIAN

Pendaftaran: 21 Juli - 18 Agustus 2025

Seleksi dan kurasi oleh Juri Internal: 25 Agustus - 5 September 2025

Penjurian akhir oleh Juri Eksternal: 15 September - 6 Oktober 2025
Malam Penganugerahan: 23 Oktober 2025


PENGUMUMAN DAN PENGHARGAAN

  • Pemenang dari setiap kategori akan diumumkan pada malam puncak Indonesia Digital Conference 2025 pada 23 Oktober 2025
  • Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  • Media pemenang akan mendapatkan:
    • Plakat penghargaan AMSI Awards 2025
    • Grant sebesar Rp 8.000.000

PENUTUP
AMSI Awards 2025 menjadi panggung apresiasi sekaligus refleksi bagi media digital Indonesia dalam semangat inovasi yang inklusif dan bertanggung jawab. Penghargaan ini diharapkan mendorong ekosistem pers nasional untuk lebih berdaulat secara teknologi dan berkelanjutan secara bisnis.

Yuk, daftarkan media Anda melalui tautan berikut 
https://bit.ly/PendaftaranAMSIAwards2025  
Kriteria dan ketentuan penilaian dapat dilihat pada link berikut
http://bit.ly/ToRAMSIAwards2025 

  • Satu media maksimal dapat mendaftar untuk 3 kategori.
  • Deadline pengisian Google Form hingga 11 Agustus 2025 pukul 23.59 WIB

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan menghubungi Sarah Ervina (0821-2540-3518)

  • Amsi Awards 2024
  • Amsi Awards 2023
  • Amsi Awards 2022